Assalamu'alaikum Warahmatullahwabarakatuh ...

Apa kabar sahabat sekalian semoga kita semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Kali ini kita akan membahas tentang assesment diagnosis berkala dalam menghadapi situasi pandemi covid-19.

Pentingnya assesment mungkin sudah kita bahas pada postingan sebelumnya. Kalau sebelumnya kita membahas asesment diagnosis awal sekarang kita membahas konsep diagnosis berkala. Secara umum asesment dibagi kedalam tiga jenis :


Asesmen terhadap pembelajaran (assessment of learning)

Asesmen untuk pembelajaran (assessment for learning)

Asesmen sebagai pembelajaran (assessment as learning)











    Asesmen terhadap proses belajar atau asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yang dilakukan di akhir materi pembelajaran. Di sisi lain, asesmen untuk dan sebagai pembelajaran dikenal pula dengan asesmen formatif. Pada asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yang membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar. Selain membantu guru, asesmen formatif juga membantu siswa memperbaiki cara belajar dengan menentukan kembali strategi belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini sesuai dengan cara 5M membangun keberlanjutan yang telah Anda pelajari di topik awal. 



Baca Juga : 











Lantas, bagaimana merancang asesmen diagnosis berkala? Asesmen diagnosis berkala dapat dirancang melalui tiga tahapan, yaitu:

1. Persiapan

2. Pelaksanaan

3. Tindak lanjut





Baca Juga :



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama