Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh ...

    Sahabat sekalian pada kali ini kami Sahabat Rumah Belajar (SRB) Sumatera Barat yang berdomisili di Kabupaten Pasaman melakukan kegiatan sosialisasi portal kelas maya "Sicadiak Pandai". Dengan penambahan fitur absensi online yang dapat digunakan baik itu untuk satu semester ataupun satu tahun pelajaran.


Secara keseluruhan rangkaian acara ini sebagai berikut :


    Pembukaan dan pemaparan tujuan kegiatan yang di sampaikan oleh Kepala Sekolah Bapak Alfian.Hsb.M.Pd. Beliau menekankan pentingnya kesiap-kesiapan seluruh majelis guru dalam menyikapi keberadaan portal rumah belajar khususnya kelas maya "Sicadiak Pandai" yang merupakah kelas online yang menggambarkan ke'arifan lokal provinsi Sumatera Barat. Meskipun saat ini SMAN 3 Sumbar masih menggunakan google classroom, namun beliau menekankan setelah kegiatan ini berakhir minimal tenaga pendidik sudah harus memiliki akun dan membuat minimal satu buah kelas secara lengkap. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan SRB Sumbar untuk mengadakan kegiatan di sekolahnya.


Foto Bersama Kepala Sekolah SMAN 3 SUMBAR


Baca Juga : SOSIALISASI SMAN 1 PANTI


    Selanjutnya acara di lanjutkan oleh pemaparan singkat tentang Rumah Belajar beserta fitur-fiturnya oleh SRB bapak Rudi Hartono. Beliau memaparakan bahwa rumah belajar memiliki fitur utama yaitu; Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, Bank Soal. Selain itu rumah belajar juga memiliki fitur pendukung berupa Peta Budaya,  Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra serta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang kesemuanya dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.


Foto Bersama Majelis Guru SMAN 3 SUMBAR


    Pemaparan berikutnya oleh SRB ibuk Lilis Suryani, yang membahas tata cara pembuatan akun penyelenggara/sekolah dan tata cara pembuatan akun guru pada portal "Sicadiak Pandai".


    Acara kemudian dilanjutkan oleh SRB Nopri Uskana. Beliau menyampaikan bagaimana seorang guru bisa membuat kelas. Kemudian bagaimana seorang guru bisa mengisi dan melengkapi kegiatan yang ada dikelasnya. Ada beberapa hal yang di bahas diantaranya cara membuat kegiatan pembelajaran, cara menginput absensi, menginput modul, membuat kuis, membuat soal ujian, sampai pada cara menggandakan/menduplikat kelas untuk memudahkan guru yang mengampu banyak kelas.


Pembagian Stiker Rumah Belajar

Baca Juga : SOSIALISASI SDN 16 KUAMANG


    Terakhir pemaparan bagaimana membuat akun siswa oleh SRB ibuk Lidra Eti.S. Beliau memaparkan bagaimana seorang bisa bisa membuat akun di portal "Sicadiak Pandai" dan bagaimana menemukan kelas untuk selanjutnya masuk kedalam kelas dan terakhir mengikuti selutuh kegiatan yang ada di dalam kelas.

Baik sahabat sekalian untuk lebih jelasnya kegiatan ini, silahkan simak video di bawah ini. 

Mohon ma'af atas segala kekurangan. 

Semoga bermanfaat.



4 Komentar

  1. Mantap...pak..apik sekali...perlu belajar saya sama tuan guru nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksih buk... sayapun perlu banyak belajar sam ibuk...

      Hapus
  2. Kerenn pak, renyah sekali utk dibaca ini pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih lis, serenyak kerupuk sanjai ya lis.. he..he...

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama