Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2023, pada kecamatan Lubuk Sikaping dan kecamatan Bonjol. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan beberapa hal berikut. Pertama Sosialisasi Transisi PAUD/SD yang di sampaikan oleh Bapak Kepada Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Kabupaten Pasaman yaitu Bahrum Siregar, S.Pd. M.Pd. Kemudian materi penguatan literasi dan numerasi yang disampaikan oleh Bapak Koordinator Pendidikan Wilayah Rao Utara yaitu Bapak Zulfikar, S.Pd. Kemudian materi penguatan materi implementasi kurikulum merdeka melalui pemanfaatan aplikasi PMM yang disampaikan oleh Ko-Kapten Belajar.id Kabupaten Pasaman yaitu Bapak Nopri Uskana, S.Pd.



    Kegiatan ini di hadiri lebih kurang 200 orang guru dan di buka oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Bapak Sukardi, S.Pd. MM dan didampingi juga oleh Bapak Kepala Bidang PAUD/PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Dalam kesempatan ini bapak kepala dinas pendidikan berpesan, bahwa harus ada kesinambungan antara kegiatan pembelajaran peserta didik dari PAUD/TK sampai ketika ia di SD kelas awal. Kesinambungan ini untuk menjaga semangat dan antusian murid dalam mengikuti pembelajaran. Jangan sampai anak SD kelas awal merasakan tekan ketika belajar. Karena mereka terkejut dengan perubahan yang mendadak. Mereka menjadi stres karena biasanya kegiatan bermain sambil belajar tiba-tiba saja menjadi kegiatan belajar yang melelahkan.




    Kegiatan ini di ikuti oleh guru dan tenaga kependidikan mulai dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP dan kesetaraan se-Kabupaten Pasaman yang kurang lebih berjumlah 200 orang. Beliau juga berpesan bahwa untuk melaksanakan implementasi kurikulum merdeka, maka guru perlu belajar menggunakan aplikasi PMM. Sebab aplikasi PMM telah memuat hal-hal yang menjadi prinsip kurikulum merdeka.



    Sementara itu, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan juga berpesan pentingnya guru mengikuti kegiatan guru penggerak. Untuk untuk kegiatan guru penggerak memang membutuhkan energi yang luar biasa, namun di balik itu semua ada hadiah yang luar biasa juga. Hadiahnya antara lain ialah 'Golden Ticket' mengikuti PPG dalam jabatan, kesempatan ikut seleksi kepala sekolah maupun pengawas sekolah. Terakhir beliau mengajak seluruh guru maupun kepala sekolah untuk tetap semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama