Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh...

    Sahabat sekalian hidup memang penuh dengan ketidakpastian apalagi ditengah masa pandemi seperti sekarang ini. Jadwal dan kegiatan yang sudah saya rencanakan dalam usaha sosialisasi Rumah Belajar dalam bentuk tatap muka sebagai tugas PembaTIK level 4 untuk sementara mungkin harus di undur atau mungkin bisa saja di batalkan. Karena adanya pemberitahuan bahwa dua orang kepala UPT SD yang berada di Kecamatan kami positif Covid-19. Sehingga turun arahan dari koordinator wilayah kependidikan kecamatan untuk menghentikan sementara seluruh kegiatan tatap muka.


Banner Sosialisasi Inovasi Menggunakan Rumah Belajar


    Namun sekali lagi apapun yang terjadi tidak akan mengurangi semangat dan keinginan untuk berbagi. Kegiatan ini meski terus dijalankan tentunya dengan perubahan rencana dan strategi. Dan memang benarlah ternyata pandemi covid-19 ini telah menjadi trigger/pemicu terjadinya perubahan besar pola kehidupan kita. Kita dengan mau atau tidak mau dipaksa untuk melakukan adaptasi perubahan gaya hidup kearah kehidupan digital. Begitu juga dengan dunia pendidikan beserta seluruh yang terkait denganya. Sebenarnya sudah ada tools yang bias kita pakai dalam rangka mensiasati kondisi pandemi seperti sekarang ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi video conference semisal zoom, cisco webex dan lain sebagainya.

    Namun bukannya tidak ingin menggunakan aplikasi video konference tersebut, berdasarkan pemantuan saya sangat sulit dilakukan khusuany pada daerah saya. Hal itu disebabkan oleh faktor-faktor antara lain minimnya fasilitas, jaringan internet yang tidak stabil bahkan ada sebagian lokasi yang hanya bisa untuk jaringan 2G, kemudian juga sumber daya manusia dalam menggunakan aplikasi video konference tersebut. Dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya.

Baca juga : 2 Guru Kecamatan Panti Positif Covid-19

     Kedepanya saya akan berusaha meggali serta mencari ide dan referensi tentang metode seperti apa yang akan saya gunakan dalam memenuhi tugas PembTIK level 4. Mohon do'a dari sahabat semua semoga apa yang saya dan kita lakukan bersama dalam upaya memajukan dunia pendidikan di beri kemudahan.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat..

Wassalam...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama