Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh...

    Sahabat sekalian Rumah Belajar merupakan sebuah website/portal belajar yang disediakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui bagian Pusat Data Kemdikbud (Pusdatin). Yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja  baik itu masyarakat umum, Guru/Tenaga Pendidik maupun siwa/peserta didik. Rumah belajar diperuntukkan untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD), Sekolah Dasar ( SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas/Kejuruan ( SMA/SMK).


Rumah belajar memiliki beberapa fitur diantarnya :

1. Fitur Sumber Belajar

    Merupakan sebuah fitur yang menyediakan sumber atau bahan pembelajaran baik itu konten yang berupa video pembelajaran, konten web dan konten audio. Dan untuk memudahkan kita ada filter yang dapat kita gunakan untuk mencari sumber pembelajaran yang kita butuhkan.



2. Fitur Kelas Maya

    Merupakan fitur yang di buat untuk menyediakan kelas-kelas virtual bagi seorang guru yang diatur  oleh pengelola atau pihak sekolah. Kelas maya memungkinkan tenaga pendidik dan pendidik berinteraksi layaknya sebuah kelas pada pembelajran pada umumnya.


3. Laboratorium Maya

    Merupakan sebuah sebuah konsep penciptakan sebuah kegiatan atau percobaan yang nyata dalam laboratorium yang kemudian di buat dalam bentuk digital namun seolah-olah peserta didik mendapatkan sebuah pengalaman yang ril tentang percobaan sebenarnya. Laboratorium maya juga menyediakan modul teori dan lembar kerja siswa yang semakin memungkinkan peserta didik mendapatkan pengalaman berada di Laboratorium yang nyata. Dan Fitur Laboratorium Maya hanya tersedia pada jenjang SMP dan SMA, pada mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika.



4. Bank Soal

    Merupakan sebuah kumpulan soal-soal yang di buat oleh para guru yang ikut bergabung di portal rumah belajar yang sudah dikelompokkan menjadi bentuk-bentuk soal yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik atau kelas yang bersangkutan. Dan sebagai seorang tenaga pendidik kita dapat menggunakan setiap soal yang ada sesuai dengan kelas dan mata pelajaran yang kita ampu.



Disamping memiliki fitur utama, Rumah belajar juga memiliki fitur pendukung yaitu:

1. Peta Budaya

2. Buku Sekolah Elektronik

3. Wahana Jelajah Angkasa
4. Karya Bahasa dan Satra


5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan


6. Edugame


Baik sahabat sekalian, untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini.







4 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama