Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarrakatuh...


Sahabat sekalian seringkali dalam kegiatan proses pembelajaran kita merasa ada kejenuhan dan hilang semangat. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh kita sebagai pendidik namun juga peserta didik. Ada beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan membangkitkan kembali semangat untuk belajar. Diantaranya dengan membuat permainan Teka Teki Silang tentang pembelajaran yang sedang atau akan kita jalani.


Banyak aplikasi baik itu online maupun offline yang dapat digunakan untuk membuat Teka Teki Silang tersebut salah satunya menggunakan situs pembuat Teka Teki Silang yaitu PUZZLEMAKER.

Berikut adalah cara pembuatannya :


1. Silahkan sahabat kunjungi website puzzlemaker di http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/




2. Kemudian silahkan pilih criss-cross 



3. Kemudian kita akan di bawa ke halaman untuk mengisi jumlah kolom, soal serta jawaban dari Teka Teki Silang yang akan kita buat.



Untuk selanjutnya kita perlu mengisi langkah-langkah yang tampak pada gambar diatas.


Step-1 .
Masukkan judul dari Teka Teki Silang yang akan kita buat, misalnya saya akan membuat judul untuk pembelajaran saya yaitu "Bagian-Bagian Lingkaran", dan ingat bahwa yang kita buat tidak bisa lebih dari 49 karakter.

Step-2.
Masukkan nilai seberapa banyak kotak Teka Teki Silang yang akan kita buat.

Step-3.
Masukkan berapa ukuran setiap kotak yang akan kita buat, semakin besar kotak akan semakin memudahkan siswa untuk meuliskan jawabannya. Ukuran standar yang tersedia adalah 30.

Step-4.
Masukkan jawaban dan pertanyaan yang akan kita buat dengan format "jawaban (spasi) pertanyaan". misalnya "jari-jari bagian lingkaran yang panjangnya setengah diameter?".

Step-5.
Jika semua soal dan jawaban sudah kita buat, selanjutnya silahkan tekan tombol "create My Puzzle", sehingga akan muncul Teka Teki Silang seperti berikut ini.




Dan jika sudah selesai sahabat tinggal copy layar atau tekan tombol "printscreen" kemudian paste kan di "Paint" ataupun "Word". Kemudian bisa langsung di print atau dibagiakan kepada peserta didik. Demikian langkah-langkah membuat Teka Teki Silang di puzzlemaker, jika sahabat ingin melihat langkah-langkah pembuatannya berupa video silahkan tonotn video dibawah ini. Semoga bermanfaat.







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama